Dua Kata Selamat untuk Anda, Selamat Datang dan Selamat Membaca

Selasa, 20 Maret 2012

Sekolah Dasar

Perjalanan pulang yang baru saja ku akhiri tadi ternyata sempat membangkitkan kenangan semasa SD. Berjalan memasuki permukiman warga yang tampak damai dari luar kulewati sebuah sekolah dasar yang nyatanya bukan SD tempatku menimbah ilmu dulu, kudengar seorang guru sedang asik menerangkan pelajaran kepada anak-anak muridnya. Guru itu menjelaskan secara mendetail akan setiap topik yang ia terangkan. penjelasannya disusul oleh setiap tanya tak mengerti dari sang murid dengan bahasanya yang lugu tak bersalah. Bangkitlah senyum dari wajah sang guru dan kembali ia bantu sang murid untuk mengerti. Dari detik itu aku teringat SD lah tempat ku belajar hal-hal dasar yang kini dibahas lebih luas di SMP atau di SMA, tempat dimana aku tak mengerti menjadi mengerti. Di sanalah pertama kalinya aku belajar memahami berbagai hal, yaitu : hitung campuran, belajar bersosialisasi (PPKN), belajar mengenai hewan, tumbuhan, kesenian daerah, sejarah kemerdekaan negara dan masih banyak lagi. Kuingat juga pesan guru-guruku waktu itu sebelum aku melepas sekolah itu dari keseharianku, saat aku harus meninggalkannya, meninggalkan teman-teman kecilku dan mencari pengembangan ilmu di tempat lain. ke-64 temanku pun sudah menyebar di berbagai sekolah di negara ini. Entah kapan kan kembali kami berkumpul, menceritakan akan hal apa saja yang telah kami capai selepas dari tempat yang kusebut itu Rumah Belajar. Ada bapak guru, ada ibu guru serta ke-64 anak didiknya. Andai perjalanan tadi mengantarkanku ke tempat dulu aku belajar selama enam tahun. Mungkin akan lebih banyak memori yang terbisik di kepalaku. Akan ku hampiri guruku, temanku, sekolahku,…



from ceritaloresti.blogspot.com
9 Maret 2011

Tidak ada komentar: